Indonesia Krisis Lagu Anak-anak

on Tuesday, March 18, 2008
Sekarang banyak bgt acara unjuk bakat di stasiun tivi swasta yg menampilkan anak-anak kecil. Misalnya, Mamamia di Indosiar, ato Idola Cilik di RCTI, trus AFI Junior yg sekarang mulai tayang lg di Indosiar. Acara2 gt cukup banyak menyedot perhatian masyarakat Indonesia. Ketik IC spasi bla bla bla ... Dukung Idola Anda ... Pencet Tombol Hijaunya ... Pencet Tombol Merahnya ... Pencet Idung MC-nya ...
Cuma yg anehnya, sekalipun itu acara unjuk bakat nyanyi buat anak2 kecil, lagu2 yg mereka bawain bukan murni lagu buat anak2. Pernah gw sepintas liat di tivi di acara ... Tiiit (*sensor) ... Ada peserta cewek yg notabene masih di bawah umur, nyanyi dg bahagianya, "Jadikan aku yang kedua ... Buatlah diriku bahagia ... ". Trus Emaknya di bangku penonton jingkrak2 penuh semangat mendukung penampilan anaknya tersebut.
Dalem ati gw ngomong, "Itu kan bukan lagu anak2 ... ".
Itu kan sama aja dia ngomong ama Ortunya, "Mama Papa aku ingin jadi istri simpenan orang ... Aku bahagia Mama Papa ... Terima kasih telah melahirkanku ... Terima kasih ....
Huhuhu ... Cret!!!
Bayangin gimana perasaan orang tua yg sebenarnya klo bener kejadian seperti itu menimpa anak kandungnya. Bayangkan ... anaknya jadi simpenan orang. Bayangkan ... !!!
Lho itu kan cuman lagu ... Lho itu kan cuman kontes menyanyi ...
Yaahh terlepas itu sekedar sebuah penampilan show di panggung, cuman itu kan gak baik buat anak2 seumuran dia. Belum saatnya dan bukan saatnya. Kayak gak ada lagu yg laen aja. Ato emang gak ada lagu buat anak2 Indonesia lagi sekarang. Duh ... gw prihatin bgt ... bener2 prihatin. Btw, gw punya temen sma dulu yg namanya Prihatin. Gimana kabarnya sekarang ya?!! Duh Prihatin aku bener2 Prihatin ama kamu,kenapa ortu km kasih km nama Prihatin seh Prihatin, gw kan jd Prihatin. Huhuhu...
Dulu pas masih kecil gw inget waktu itu masih banyak stasiun tivi swasta yg nayangin acara khusus lagu buat anak2. Ada Tralala Trilili, Acaranya Maissy, Cikita Meidi, Joshua, Papa T Bob, Om Dolit, dll. Dan semasa itu anak2 seumuran gw memang hidup seperti anak2 seharusnya. Gak dicekokin sinetron. Gak banyak acara gosip artis kawin cerai. Tapi liat sekarang, susah banget nyari acara tivi khusus buat anak2. Murni buat anak2. Bukannya isinya anak2 yg kecepetan puber pengen cium2an ama ngomong "Secara gt looo ... !!!".
Yah mungkin lagu anak2 di Indonesia memang sudah habis stoknya, sampe2 acara kontes nyanyi anak2 sekarang isinya lagu2 dewasa semua. "Kamulah Makhluk Tuhan yang tercipta yang paling sexy ... Ahhh ... Ahhh ...Ahhh ...Ihhh ... !!!"
Jangan rusak masa kanak2 adik2 kita dg hal2 yg belum pantas buat mereka. Biarlah mereka menikmati masa kanak2 mereka dg hiburan dan tontonan yg bermutu buat mereka. Biar ketika mereka beranjak dewasa masih ada senandung2 ceria masa kecil mereka yg terus terkenang sampai tua. Mari buat lagu buat adik2 kita.

Mobil Sakit Hati

on Tuesday, March 04, 2008
Hari sabtu 2 minggu yg lalu mobil tante gw, Taruna biru, mogok. Gak mau jalan sama sekali. Akhirnya mobil tsb terpaksa diderek malem2 ke bengkel. Kejadian tsb bermula dari sebuah pembicaraan antara tante gw ama tante gw yg satunya lg pas nyetir tuh mobil. Topik terlarang yg dibicarakan mereka berdua adalah "Ntar klo mo beli mobil baru kira2 mobil apa ya?".
Mungkin pembicaraan mereka terdengar dan menusuk hati mobil Taruna biru tersebut. Merasa akan dijual dan kesepian, digantikan oleh mobil baru saingannya, akhirnya dia kecewa dan .... Pessss .... kap mobil berasap .... trus bisa ditebak. Taruna biru itu gak mau jalan lg.
Sebenarnya kejadian Taruna biru mogok tsb selalu terjadi ketika ada topik terlarang yg dibicarakan, yaitu BELI MOBIL BARU DAN JUAL MOBIL LAMA. Jadi kejadian mogok ini bukan pertama kalinya.
Gw jg ngalamin hal yg sama dg mobil lama gw, Eterna Ungu. Klo topik terlarang tsb mulai dibicarakan di dekat mobil gw, selanjutnya mobil tsb gak mau jalan alias mogok! Huh....!!!
Akhirnya Eterna Ungu kesayangan gw tsb sukses dijual ama papi gw coz gile aje neh mobil melankolis bgt! Klo kita ngeluh dikit ttg kondisi Eterna Ungu tsb dikit aja, nih mobil langsung ngadat! Huhu...
Dan ternyata kondisi "Mobil sakit hati" ini terjadi di seluruh keluarga besar gw. Makanya pas liburan, semua om tante sepupu gw pada ngumpul, topik hangat yg kita bahas adalah : "Jangan sekali-kali membicarakan ato mengeluhkan mengenai mengganti mobil ato rencana beli mobil baru dan jual mobil lama di depan mobil lama kita!". Klo terpaksa pengen membicarakan topik tsb, sebaiknya berada dalam jarak radius 1 km dari mobil kita. Takutnya mobil kita pada denger trus mogok. Beneran lo ini kejadian di keluarga gw.
Makanya klo pas mobil kita menunjukan gelagat gak beres, satu tips : Elus2 dashboard mobil kita sambil ngomong, "(Sebutkan nama mobil kita, mis. Avanza) Avanza sayang, Avanza cakep, mobil baik, jangan mogok ya, km hebat kok ... km kuat ok!". Please dech...
Jangan sakiti mobilmu!